Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukumi, Jepang meledak

*twriinngg.. message received*

Hapeku berdering. Sedikit terkejut. 1 pesan masuk mampir di hapeku. Sesaat akan kubuka, masih sempat terlihat jam di pojok kanan hapeku. 22.16.

Sudah selarut ini, pikirku. Masih adakah pemuda-pemudi iseng yang berkirim SMS saat waktunya orang tidur?

Selang beberapa detik. Rasa terkejutku berganti penasaran. Di daftar inbox terpampang sederet angka yang asing. SMS dari nomer baru rupanya. Karena penasaran isinya, kubuka saja. Sederet pesan (yang cukup panjang) terlihat di layar.

“Sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukumi, Jepang meledak pada 04.30 hari ini. Jika besok hujan, jangan pergi keluar. Jika anda berada di luar, maka pastikan anda memiliki pelindung hujan. Jangan biarkan hujan menyentuh anda! Itu dapat membakar kulit anda, kehilangan rambut anda atau kanker.

Mohon forward, tetap aman dan mengingatkan semua orang yang anda kenal.

Dari berita SCTV sore..”

Terkejut? Jelas!

Khawatir? Tentu saja!

Seketika itu juga semua berkecamuk.

Siapa saja yang harus ku kirimi? Seketika itu juga, pikiran itu muncul. Dalam kondisi semacam ini, bawah sadar manusia lebih dominan. Aku pun begitu.

Sesaat terdiam dan berpikir. Kuriositas perlahan muncul. Satu demi satu pertanyaan mulai mampir di kepala. Tentu saja tentang isi dari SMS itu. Nyata ato cuma Hoax!

Sempat ingin bangun dan beranjak ke depan kompi. Googling lah dikit buat tambah info. Biar tanya-tanya di kepala ini terjawab malam ini juga. Tapi dasar ngantuk. Niat baik jadi urung. fakta tentang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukumi, Jepang meledak pun belum terungkap.

–oOo—

Esok pagi, di hari berbeda.

Googling! Adalah hal pertama yang aku ingat. Menyamankan duduk, geser mouse kiri kanan, cari artikel tentang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Fukumi, Jepang meledak

Ternyata banyak!!
Dalam hati, jadi Trending Topic juga nih berita Nuklir Meledak

Berpikir cepat. Googling kanan-kiri. Dapat banyak info. Ayo deh dibahas SMS yang semalem. Kita kuliti informasinya sampe ketemu. Itu nyata ato beneran (beneran Hoaxnya!)😀

Setelah lama mikir. Ketemu juga deh pencerahan. Kalo hasil dari dialektik pikiran ku tentang SMS itu, ada beberapa kejanggalan (ato bisa dibilang kebodohan) yang perlu diketahui.

  1. Setahu saya, nama reaktor nuklir yang meledaak itu Fukushima Dai-ichi. Bukannya Fukumi. Trus, Fukumi itu apa dong? Nah pas ku googling cari tau apa itu Fukumi, mbah Google nganter ke Wikipedia.

You know what? Ternyata Fukumi itu itu nama salah satu aktris Jepang! Fukumi Kuroda. Lahirx tahun 1956. Nah loh? udah nenek-nenek tuh kalo masih hidup. Nama lengkapx sih gitu kalo dari Wikipedia.

Ini link-nya http://en.wikipedia.org/wiki/Fukumi_Kuroda

Dari sini mulai nyadar lah kalo sms itu kagak ada benernya! Alias Hoax!

  1. Masalah hujan asam dari radiasi nuklir Fukushima. Sekilas sih tampak logis. Tapi kalo direnungi lagi, emang semburan nuklirx seberapa banyak? Trus jarak jepang ke indonesia berapa kilo? Dipisahin sama samudera juga tuh!

Kalo setauku ya, kemarin baca di surat kabar kalo pemerintah Jepang sudah melakukan evakuasi dan sterilisasi. Jarak aman awalnya radius 10 Km trus ditambah 20 Km. Bahkan  jarak terjauh dari daerah yang terkena radioaktif (Zat radioaktif yang mengandung Caesium-137 danYodium-121) ditemukan pada jarak 97 kilometer dari reaktor Fukushima.

Ini link-nya

http://epaper.korantempo.com/KT/KT/2011/03/15/ArticleHtmls/15_03_2011_001_007.shtml

Lantas, Hujan Asam di Indonesia? Gimana bisa coba? Lah jarak reaktor Fukushima sampe Maluku Utara yang paling ujung aja 4000an Km. Kalo jarak radiasinya yang paling jauh aja masih kurang dari 100 Km ya itu masih muter-muter aja di Jepang.

Kalo dari beberapa artikel di atas seh, aku ngiranya ya itu cuma sms iseng aja yang numpang lewat gitu. Isi SMS itu pun berlebihan dan dasar kelogisannya kurang. Kayak sedang nakut-nakutin anak SD aja. Bahkan, Kepala Batan (Badan Tenaga Nuklir Nasional) pun menyebut isu itu sangat keterlaluan.

“Kejadian di Fukushima tidak akan sama dengan peristiwa di Chernobyl. Terlebih lagi zat radioaktif di reaktor nuklir tersebut, masih tersimpan aman di dalam. “Dampak yang terjadi hanya bersifat lokal,” tutur Hudi. Karena itu pula, Hudi minta masyarakat jangan panik atau terpengaruh dengan isu-isu yang menyesatkan.”

Ini link-nya

http://id.berita.yahoo.com/kepala-batan-isu-itu-sangat-keterlaluan-20110314-053337-162.html

Saran saya, buat teman-teman yang nerima SMS itu dan punya pikiran buat nge-forward (dengan tujuan apapun), tolonglah dipertimbangkan lagi dengan bijaksana. Bukan bermaksud untuk mencegah tindakan preventif. Tapi kali justru dengan menyebar sms kayak gitu malah bikin masyarakat semakin panik kan ya gak baik juga toh.

Bayangin aja kalo semua sopir angkot pada takut keluar rumah gara-gara tuh info. Mau ngantor pake apa donk? Jalan kaki??

Taufan Arifianto

15 Maret 2011

About Taufan

Ingatlah, angin itu akan selalu berhembus!

Posted on 15 Maret 2011, in Sosialita and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. mohon ijin untuk mengkopinya Gan…. supaya banyak yang ikut mengerti dan tidak menyebarkan isu… tengkyu..

  2. maasih infonya..
    wahh,, ini udh agak lama ya,, tgl 15 post berarti dapet sms tgl 14 ya…
    saya baru dapetnya td malem…
    sempet pengen sms orang rumah…
    tp karena ada tulisan sctv, mungkin udh pada nonton kali ya…
    trus agak mikir juga..
    kalo hujan hari ini itu bakal memberi efek yang ga bagus, pasti atau mungkin pemerintah udh ngasih peringatan, dan hari ini bakal gada orang yang lalu lalang saat hujan…
    tp, kok berita nya ga heboh ya, ga banyak siu juga…
    jadi agak keinget juga buat googleling…
    soalnya skrg lagi di kampus dan agak mendung…
    mkasih infonya,,,
    jd ga takut buat buru2 pulang karena hujan ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: