iScroll: (calon) Gadget Apple yang Menggemparkan Dunia

sebagai salah satu (yang mengaku) Apple Freak, tentunya info seputar Gadget yang diproduksi perusahaan berlog Apel Gopel ini ibarat air di kala dahaga.

Awal tahun baru lalu, iseng-iseng pas lagi utak-atik iPod Touch saya (Gadget produksi Apel Gopel juga, hehehe) buat upgrade firmware, saya googling seputar gadget-gadget keluaran Apple. Oh iya, yang belum tau artinya, gadget itu alat-alat elektronik yang handy J

Pas lagi seru-serunya googling, masuk dah ke sebuah situs hosting file PDF gitu. Di salah satu file itu ada file dengan Judul MacLife Update January 2011. Nah loh, apaan tuh? Berbekal penasaran, saya donlodlah file itu. Yang ternyata isinya adalah tabloid elektronik keluaran Apple (yang entah Apple sendiri udah merilisnya apa belom). Beruntungnya saya yang nemu file itu lebih dulu dari temen-temen semua :p

Salah satu, prototype gadget yang ada di e-tabloid itu mengingatkan saya semasa SD dulu. Pas pelajaran geografi (kalo pas SD sih namanya IPS) pak guru saya selalu membawa gulungan besar bergambar peta dunia. Lah, hubungane sama gadget Apple apa?

Begini, salah satu gadget baru Apple ini (yang saya prediksikan bakan menjungkir-balikkan nalar anda tentang definisi Tablet) berbentuk Scroll atau gulungan. Maksudnya gimana? Gini dah, Gadget Apple yang diberi nama iScroll ini merupakan generasi terbaru Tablet yang berbentuk gulungan. Gambarnya kayak gini nih.

Emang layarnya terbuat dari apa? Kok bisa melengkung gitu?

Bila pertanyaan ini muncul di kepala anda, anda adalah manusia yang normal, namun bila tidak muncul pertanyaan ini, saya kira anda tetap manusia yang normal. Buktinya anda masih bisa berkunjung ke blog saya ini. Oke, skip🙂

Kenapa layarnya bisa melengkung, karena layar ini terbuat dari FOLED (Flexible Organic Light Emitting Diode) yang penjelasan singkatnya adalah layar LED yang bisa melengkung! Teknologi ini sudah mulai dikembangkan oleh beberapa pabrikan seperti Sony & Samsung, namun masih belum menyentuh teknologi FOLED yang Touchscreen.

Rencananya, kalo gak batal, FOLED yang dibenamkan dalam iScroll ini adalah FOLED yang udah pake teknologi touch screen, sehingga memudahkan pemilikinya (semoga saya menjadi salah satunya, Amin J) untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan browsing, liat tipi online, liat video, gaming, dll.

Ketika anda selesai menggunakan ‘monitor’ anda, maka FOLED bisa anda kembalikan ke ‘rumahnya’ sehingga gadget iScroll anda akan berbentuk persis seperti ponsel! WOW, teknologi emang gak pernah ada matinya!

Apakah hanya itu? Bukan Apple namanya bila Gadgetnya gak punya kemampuan yang bisa menyihir penggemarnya :p

Selain layar sentuh FOLED yang menjadi andalan, iScroll nantinya akan dirancang untuk mensupport saluran 5G/ Wi-max (nah loh? 4G aja masih jarang ada vendornya). iScroll bakalan dibenamkan memory internal sebesar …anda tebak berapa? 32 GB? 64 GB? 128 GB? Jawaban anda semua salah. Gadget imut ini (yang mungkin hanya berdimensi 15cm x 5 cm x 2cm) akan memiliki memory internal sebesar 1 TB alias 1000GB (ini mah 120x iPod Touch saya yang Cuma 8 GB). Kalo coba saya itung-itung nih, IiPOd Touch saya yang 8 GB aja bisa nampung 400an aplikasi. Nah kalo ini 1 TB aplikasinya bisa mencapai 40.000 aplikasi. WOW, Gila emang tuh! Kalo sehari maenin 10 game aja bisa 9 taun baru selesei nyobain semua gamenya!😀

Gak Cuma itu, iScrol bakanal dibekali kamera 10 MP buat menunjang kemampuan entertaintnya.

Apakah sudah sampe segini aja? Masih belum, jek!

Pertanyaan terakhir yang mungkin masih tersisa di kepala anda adalah, gimata cara kita ngetik kalo dua tangan kita dipake buat narik iScroll FOLEDnya? Apa digeletakin gitu kayak kertas? Apa gak merusak FOLEDnya?

Bukan Apple namanya kalo gak bisa memprediksi hal kayak gitu. Wetsee.. :p

Untuk menunjang kemampuan pengetikan sebagaimana pengalaman menggunakan notebook selama ini, iScroll dapat ditransformasikan menjadi sebuah UltraLite Notebook atau Notebook Ultra-Tipis! Kayak gini nih gambarnya.

‘Badan iScroll’ yang saya bilang seukuran handphone tadi, bakalan beralih fungsi menjadi Huge-TrackPad. Trackpad yang paling gede (panjang?) yang pernah saya tahu. Trackpad ini dibekali kemampuan super untuk dapat membedakan manakah gerakan yang dilakukan untuk menggerakkan kursor dan manakah gerakan yang merupakan pergelangan anda yang lagi nempel. Semoga paham maksud saya..

Untuk urusan layar dan papan ketik, pada bagian tertentu layar FOLED ini ada yang bisa ditekuk, membelah menjadi 2, yaitu monitor dan keyboard itu sendiri. Dengan begitu, urusan ketik-mengetik tidak lagi menjadi masalah bukan? J

Tertarik? Sama😀

Tapi para Apple Freak musti sabar dulu. Soalnya Gadget ini rencananya barui akan dilempar ke pasar pada tahun 2017. Ato 6-7 tahun dari sekarang..

hummff.. lamanya…😦

About Taufan

Ingatlah, angin itu akan selalu berhembus!

Posted on 18 Maret 2011, in Teknologi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Hoahm pengen (ampe ngiler nih), Tapi klo liat fiturnya udah diliris pun, mampu gag belinya. . . (tambah ngiler)

  2. Yang namanya apple itu emang sangar. Walaupun aq ga pernah beli (atau lebih tepatnya ga mau beli) produk apple, tapi aq akui kalo inovasinya di bidang IT sangat keren. Ibaratnya apple itu kiblatnya produk2 IT terbaru. Mantap mas postingannya!

  3. wah…update trus maz????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: