Klarifikasi Musibah Cilacap: Kebakaran Kilang BBM & Gempa 7,1 SR tidak berpotensi Tsunami

Musibah (bila tak mau kita katakan sebagai bencana), sepertinya enggan pergi dari negeri ini. khusunya Cilacap.betapa tidak, dalam rasio 2 hari telah terjadi 2 buah musibah di kota ini:

Pertama, Kebakaran kilang minyak Pertamina di Cilacap Sabtu pagi (2/4/2011) dan Kedua, Gempa Cilacap terjadi pada dini hari 4-4-2011 pukul 03.16 WIB yang berkekuatan 7.1 SR.

Deredar desas-desus seputar kedua berita tersebut. mulai dari ancaman stok BBM yang akan habis (sehingga warga cilacap tidak akan dapat membeli BBM) hingga ancaman Tsunami. Seperti bencana Tsunami yang terjadi di perfektur Miyagi beberapa waktu yang lalu yang menyebabkan reaktor nuklir Fukushima dai-ichi meledak dan menyebabkan krisis nuklir di sana.

Maksud tulisan ini hendak memberi klarifikasi info dari beberapa desas-desus di atas. saya berharap agar dengan klarifikasi ini, kepanikan yang sempat beberapa hari ini terjadi menjadi hilangšŸ™‚

Klarifikasi Pertama: Kebakaran kilang Pertamina di Cilacap tidak mengancam pasokan BBM!

Kebakaran kilang BBM Pertamina Cilacap

Perlu kita semua tahu, bahwa kebakaran di Cilacap tidak berasal KILANG BBM!Ā  Kebakaran yang terjadi area 36 PT Pertamina RT IV Cilacap beberapa hari lalu, bukan berasal dari tangki BBM sebagaimana berita yang beredar di masyarakat, tapi hanya tangki penyimpan bahan pembuat BBM.

Senada dengan hal itu, Manajer Humas Pertamina Unit Pemasaran IV Jateng-DIY, Happy Wulansari menegaskan, bahwa kebakaran besar yang terjadi pada ari sabtu (minggu lalu) tersebut hanya membakar zat kimia untuk menambah oktane BBM jenis premium.dan bukan membakar BBM secara langsung. Menurut Happy, meski tangki yang terbakar tidak mungkin diselamatkan, namun tangki tersebut bukanlah tangki produk, sehingga masyarakat tidak perlu panik.

Perkembangan terakhir, api di tangki-tangki yang terbakar di kilang Cilacap sudah mulai padam. Kondisi saat ini untuk tangki T31-02 yang berisi High Octane Mogas Component (HOMC) api sudah padam, begitu juga untuk tangki T31-03 yang berisi naptha. Pasokan HOMC pun diklaim masih aman karena Tangki yang terbakar kemarin hanya berisi 10 ribu kiloliter HOMC, sedangkan Pertamina mengaku masih memiliki cadangan sebanyak 50 ribu kiloliter dari empat tangki lain yang berada di kilang serupa.

kilang minyak Pertamina Cilacap yang terbakar

Namun, sekedar untuk menjaga kelancaran distribusi BBM , Pertamina menyiagakan kapal untuk menginjeksi pasokan ke terminal Lomanis dengan muatan 400.000 barel premium.

Klarifikasi Kedua: Gempa 7,1 SR di Cilacap tidak akan menimbulkan Tsunami!

Kalo pas lagi googling, bakalan nemu banyak artikal atau blog yang judulnya serem-serem! arahnya mau nunjukin kalo Gempa 7,1 SR yang menggoyang wilayah Cilacap akan berpotensi menyebabkan gempa. Tapi benarkah demikian??

Sebagai informai yang lebih detil, Gempa Cilacap kali ini terjadi pada dini hari 4-4-2011 pukul 03.16 WIB.Dan di Informasikan oleh (BMKG), gempa terjadi di 293 km barat daya Cilacap atau 10.01 LS dan 107.69 BT iniĀ  berpontensi Tsunami. Menurut keterangan warga gempa di wilayah Cilacap, Jawa Tengah ini juga dirasakan sampai daerah Tasikmalaya, selain daerah tasik gempa ini juga di rasakan sampai wilayah Depok

Lokasi titik gempa 7,1 SR di Cilacap

Namun, menjelang pagi atau kira-kira pada pukulĀ  4.45 WIB, BMKG mencabut soialisasi seputar ancaman Tsunami.Juru bicara BMKG menyebutkan bahwa gempa Cilacap tidak berpotensi Tsunami. dan menghimbau agar masyarakat tidak perlu panik dengan isu seputar terjadinya Tsunami yang berkembang di luar.

Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji berharap warga kembali tenang dan bisa pulang dari pengungsian. Kewaspadaaan dini memang penting dimiliki warga agar bisa cepat menyelamatkan diri apabila muncul bencana.

Warga Kota Cilacap dan sekitarnya umumnya mengungsi ke arah Jeruklegi (Halaman Bandara Tunggul wulung) dan warga wilayah timur cilacap (Adipala, Nusawungu, Binangun, dll) umumnya mengungsi ke arah Banyumas yang tanahnya lebih tinggi dan berpegunungan. Kini mereka mulai turun dan kembali ke rumah masing-masing.

Oke, segitu dulu klarifikasi seputar desa-desus kebakaran Kilang BBM Pertamina Cilacap dan gempar berkekuatan 7,1 SR yang diisukan berpotensi terjadinya Tsunami. Dengan klarifikasi ini, semuga kekhawatiran yang dialami masyarakat Cilacap dan sekitarnya menjadi lebih berkurang:)

Dari berbagai sumber

 

Taufan Arifianto

05 April 2011

About Taufan

Ingatlah, angin itu akan selalu berhembus!

Posted on 4 April 2011, in Sosialita and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: