Perbandingan Bencana Nuklir Fukushima, Chernobyl dan Three Mile Island

Baru-baru ini media mengumumkan bahwa tingkat radiasi nuklir Fukushima, Jepang meningkat tajam. Mengalahkan bencana nuklir di Three Mile Island, Pennsylvania pada tahun 1979. Bahkan bencana Fukushima hampir setara dengan Bencana serupa di Chernobyl, Ukraina 25 tahun silam. Sejenak kita pasti membayangkan, benacana Three Mile Island telah terlampaui. Apakah Bencana Chernobyl akan terulang lagi? Atau justru akan muncul bencana nuklir paling dahsyat sepanjang peradaban manusia ada hingga kini.
Tulisan ini berisi tentang fakta-fakta yang perlu kita ketahui (untuk selanjutnya kita bandingkan) tentang bencana Reaktor Fukishima Dai-Ichi, Reaktor Chernobyl dan Reaktor Three Mile Island. Fakta-fakta berikut di susun dari beberapa sumber di internet.
1. Tingkat keparahan Radiasi:
Dalam sebuah kongres yang diadakan oleh U.S. Energy Secretary, perwakilankongres, Steven Chu,menyatakan bahwa tingkat keparahan bencana nuklir Fukushima mencapai Rank 6 dari total 7 Rank yang ditetapkan oleh Andre-Claude Lacoste, head of France’s nuclear safety authority. Sementara itu, untuk bencana Three Mile Island mendapat Rank 5 dan untuk Chernobyl mendapat peringkat 7 (atau paling parah sepanjang sejarah!)
Dalam catatan yang lain disebutkan bahwa tiap 1 level keparahan menunjukkan tingkat keparahan 10 kali lipat (factor 10). Sehingga, Chernobyl 10 kali lebih parah dari Fukushima dan Fukushima 10 kali lebih parah dari Three Mile Island.
2. Sebab bencana Nuklir
Ada banyak data dan info yang beredar di masyakat. Saya coba merangkumnya dan berikut adalah hasilnya.
Reaktor Three Mile Island meledak pada 28 Maret 1979. Ledakan disebabkan oleh adanya peralatan reaktor yang mengalami malfungsi sehingga membuat proses pendinginan uranium tidak berjalan sempurna. Hal ini menyebabkan melelehnya lapisan pelindung Uranium tersebut terjadilah bencana nuklir.
Kalo di Chernobyl, benacna nuklir lebih disebabkan oleh overheating atau kerja reactor yang terlalu dipaksa sehingga menghasilkan panas yang melebihi daya tamping. Ledakan terjadi pada reactor No.4. karena reactor ini tidak berpelindung, maka material nuklir banyak berharmburan keluar yang salah satunya menyebabkan rusaknya berhektar-hektar hutan disekitarnya. Akibat dri bencana Chernobyl ini adalah: 31 pekerja & pemadam kebakaran mati dalam kurun waktu kurang dari sebulan dan 4000 anak-anak-remaja terkena kanker tiroid setalh mengkonsumsi susu yang tercemar radioaktif Iodin I-131
Sedangkan bencana Nuklir di Fukushima di sebabkan oleh kerusakan elemen reactor No.1 dan No.2 karena diterjang Tsunami. Dalam bencana Fukishima ini, sempat terjadi beberapa kali ledakan reactor yang menyemburkan partikel radioaktof ke udara sejauh ratusa kilometer.
3. Bentuk reactor:
Anda tahu, ternyata reactor Fukushima No.2 telah berumur 40 tahun! (saya aja kalah tua sama dia :p) hebat banget Jepang udah punya teknologi nuklir pada tahun 60an, dimana kit amasih sibuk menumpas PKI. Reaktor Fukushima dikelompokkan dalam Boilling Water Reactor yang artinya reaksi fisi-fusi yang terjadi di adalam reactor akan memanaskan air yang kemudian menghasilkan uap untuk memanaskan turbin. (kok jadi kayak PLTU ya??)
Kalo Reaktor Three Mile Island, kinerjanya serupa hanya saja air dialirkan melalui core reactor yang sangat panas sehingga menghasilkan uap air.
Reaktor Chernobyl lain lagi, reactor ini mereaksikan grafit sehingga menghasilkan partikel atom ringan berkekuatan cepat yang menghasilkan api. Api inilah yang digunakan dalam proses memanaskan air untuk menghasilkan uap.
Oalah.. saya baru tau kalo reactor nuklir itu sebenarnya cara kerjanya sama dengan PLTU. Hanya saja bedanya yang satu pake partikel nuklir (uranium, dsb) sedangkan yang satu pake batubara..:)
4. Shield (pelindung) reactor
Untuk reactor Fukushima dan Three Mile Island sudah memiliki pelindung (Shield) dari baja yang tebalnya sangat tebal (habisnya saya gak tau detilnya..:P) reaaktor ini memiliki peranan untuk melindungi bahan bakar nuklir yang ada di dalamnya agar tidak mengkontaminasi dunia luar.
Sedangkan untuk reactor Chernobyl (khususnya No.4) ternyata tidak memiliki pelinding Baja! Makanya ledakannya bisa sampemenimbulkan dampak yang parah gitu ya gan..
Nah, itu tadi ulasan singkat tentang bagaimanakah fakta (dan perbandingan) seputar 3 bencana nuklir terbsar yang pernah dialami oleh manusia. Semoga ke depan tidak akan terjadi lagi bencana nuklir semacam itu. Dan tidak ada lagi bencana yang membuat kita semua berduka. Amin!

Taufan Arifianto
13 April 2011

About Taufan

Ingatlah, angin itu akan selalu berhembus!

Posted on 14 April 2011, in Sosialita and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: